DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TAKENGON T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Nurul Ain A.K. Cibro (STUDENT ID : 409121063)
Abd S Hakim (LECTURER ID : 196407311991031001)
Subject
QC Physics 
Datestamp
2016-08-15 08:16:13 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswadengan model pembelajaran inquiry training dan model pembelajarankonvensional pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMANegeri 1 Takengon T.P 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitianadalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Takengon yang terdiridari 6 kelas berjumlah 181 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan caracluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitukelas X-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X-1sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untukmengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihanberganda dengan jumlah 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33.73 dengan standar deviasi 9.13, dan nilai rata-rata kelas kontrol 33.00 dengan standar deviasi 8.98. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0.1591 dan Ltabel = 0.161, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0.1454, dan Ltabel = 0.161, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka datakedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1.03dan Ftabel = 2.15 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal darikelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelaseksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan,diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 64.87 dengan standardeviasi 7.38 dan kelas kontrol 56.17 dengan standar deviasi 8.84. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 63.11 termasuk dalam kriteria aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 4.14 dan ttabel = 1.84 sehingga thitung > ttabel maka Haditerima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan yang signifikan antara hasilbelajar siswa dengan model pembelajaran inquiry training dan model pembelajaran konvensional pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Takengon T.P 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan