DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA YAPIM MEDAN KELAS X SEMESTER II T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Aquardes Janri (STUDENT ID : 61244210015)
Togi Tampubolon (LECTURER ID : 196105011987031003)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-24 02:47:09 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh hasil belajar siswa denganmenggunakan Model Pembelajaran Problem Solving dengan model pembelajaranKonvensional. Penelitian ini dilakukukan di SMA YAPIM MEDAN dengan menggunakanModel Pembelajaran Problem Solving di kelas X1 dan melakukan model pembelajaran Konvensional dikelas X2.Adapun jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalahseluruh siswa kelas X semester II SMA YAPIM MEDAN. Sampel dalam penelitian inidiambil secara random sampling sebanyak 2 kelas dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa untuk kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa objektif tes sebanyak 20 soal pilihan berganda. Sebelum diujikanterlebih dahulu divalidasi oleh validator. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,50 dan padakelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 33,125. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 62,343sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 53,437. Hasil pengujian normalitas pada kelas eksprimen, dari data skor pretes siswa kelas eksperimen adalah Lhitung < Ltabel atau 0,0785<0,1560 dan daridata skor postes, Lhitung < Ltabel atau 0,1386 < 0,1560, begitu juga pada kelas kontrol, dari data skor pretes siswa Lhitung < Ltabel atau 0,1540 < 0,1560 dan dari data skor postes, Lhitung ttabel yaitu 3,363 > 1,66 pada taraf signifikansi α =0,05 dan dk = 62. Hal ini berarti Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving dengan model pembelajaran Konvensional pada materi Listrik Dinamis di SMA YAPIM MEDAN. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan