DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Sahrul Habibi Nasution (STUDENT ID : 409421028)
Makmur Sirait (LECTURER ID : 196303061989031009)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-15 08:36:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Turnaments) terhadap hasilbelajar siswa pada materi pokok Gerak Lurus di Kelas VII Semester II SMP N.15 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N. 15 Medan T.P. 2012/2013 dengan jumlah5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random samplingdengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas VII4 sebagai kelaseksperimen dan kelas VII5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 32orang dan kelas kontrol berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untukmengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihanberganda dengan jumlah 20 soal yang telah di validasi oleh dua orang dosen dansatu orang guru.Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitunilai rata-rata pretes kelas eksperimen 31,41 dengan standar deviasi 11,79 dannilai rata-rata pretes kelas kontrol 28,43 dengan standar deviasi 10,27. Padapengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusinormal dan homogen. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimendengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Turnaments) dankelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Selama prosespembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 73,93 (Cukup Aktif).Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-ratakelas eksperimen 71,10 dengan standar deviasi 17,88 dan kelas kontrol 62,81dengan standar deviasi 14,19. Pada pengujian normalitas dan homogenitas datapostes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa ada pengaruh yangsignifikan model pembelajaran tipe TGT (Teams Games Turnaments) padamateri pokok Gerak Lurus di Kelas VII Semester II SMP N. 15 Medan T.P.2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan