DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SAVI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMP PERGURUAN AL – HIDAYAH MEDAN T.A 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Rayasih Tanjung (STUDENT ID : 409311038)
Katrina Samosir (LECTURER ID : 196308281989032003)
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2016-11-22 05:24:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Pendekatan SAVI Di Kelas IXD SMP Perguruan Al ? Hidayah Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IXD dengan jumlah siswa 40 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Pendekatan SAVI pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Perguruan Al-Hidayah Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I banyaknya siswa yang memiliki persentase aktivitas ? 70% secara klasikal adalah 23 siswa (57,5%) dan di akhir siklus II meningkat hingga mencapai 36 siswa (90%). Dari akhir siklus II diperoleh bahwa persentase aktivitas aktif siswa telah memenuhi kriteria keaktifan klasikal yaitu ? 75% siswa memiliki persentase aktivitas ? 70%. Hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan I dengan menggunakan pembelajaran pendekatan SAVI hasil belajar (? 65) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 23 siswa (57,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 65,88. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa (? 65) secara klasikal telah tercapai yaitu 32 siswa (90%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 85,20. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 65,62%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 32,5%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan