DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS MINDSCAPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Masnur Marpaung (STUDENT ID : 409121055)
Pintor Simamora (LECTURER ID : 196104021987031002)
Subject
BF501 Motivation 
Datestamp
2016-08-23 03:01:27 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaraninquiry training berbasis mindscaping terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok cahaya di kelas VIII Semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inquiry training berbasis mindscaping dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang memenuhi validitas isi dalam bentuk pilihanberganda dengan jumlah 20 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38,71dengan standar deviasi 11,27 , dan nilai rata-rata kelas kontrol 37,43 dengan standar deviasi 11,34. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 68 dan α = 0,05, diperoleh thitung =0,47, ttabel = 1,99 sehingga thitung < ttabel maka H0 diterima, dengan demikian diperolehbahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yangsama. Kemudian diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan modelpembelajaran inquiry training berbasis mindscaping dan kelas kontrol dengan dengan model pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai dilakukan, diperoleh postest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,86 dengan standar deviasi 12,72 dan kelas kontrol 61,71 dengan standar deviasi 10,57. Hasil uji t satu pihak dengan dk = 68 dan taraf signifiksn α = 0,05 diperoleh thitung = 4,35, ttabel = 1,67 sehingga sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulanadanya pengaruh model pembelajaran inquiry training berbasis mindscaping terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok cahaya di kelas VIII Semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan