DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TIGARUNGGU T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Mapperianto Purba (STUDENT ID : 409621007)
Purba Mapperianto (LECTURER ID : 195703231988031002)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-24 03:46:07 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswaakibat pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, serta untukmengetahui aktivitas siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di Kelas XSemester II SMA Negeri 1 Tigarunggu T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah Control Group Pretest Posttest dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tigarunggu yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan secara acak dengan teknik Cluster RandomSampling yaitu Kelas X1 yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X2 yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas Eksperimen. Instrumen yangdigunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalambentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimenadalah 32,08 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 31,08. Data kedua kelasberdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen sehingga diperoleh hasil uji t dengan thitung < ttabel (0,404 < 2,000). Setelah diberikan perlakuan yang berbeda maka diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,08 denganstandar deviasi 9,05 dan kelas kontrol 63,65 dengan standar deviasi 8,22. Ratarata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 70,00 termasuk kategori aktif. Hasil pengujian hipotesis postes diperoleh thitung = 4,173 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel (4,173 >1,669) maka H a diterima, dengan demikian diperoleh bahwa Ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tigarunggu T. P. 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan