DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGGAL T.A. 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Intan Pertiwi Harahap (STUDENT ID : 409311020)
Zul Amry (LECTURER ID : 196007071987031002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-15 08:47:41 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahanmasalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiripada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 1 Sunggal T.A 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1Sunggal yang berjumlah 37 orang siswa dan objek penelitian ini adalahmeningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaranInkuiri pada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 1 Sunggal T.A2013/2014. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi dandokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil dari PTK ini merupakan tindakan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes diagnostik yaitu 5 dari 37 orang siswa (13,5%) dengan rata-rata kelas 46,5. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 26 orang siswa (70,3%) dengan rata-rata kelas 71,3. Hasil analisis data akhir siklus II dengan model pembelajaran yang sama diperoleh jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 33 orang siswa (89,2%) dengan rata-rata77. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telahmencapai target ketuntasan belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri, kemampuan pemecahan masalah siswa dapat meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkankan model pembelajaran inkuiri sebagai alternatif dalam pembelajaran dan selalu membuat latihan dan tes yang bertujuan lebih melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan