DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS SEMESTER GENAP KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Ladestam Sitinjak (STUDENT ID : 409121048)
Rappel Situmorang (LECTURER ID : 1957032321988031002)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-24 04:10:39 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Kontekstual terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Fluida dinamis semester genap kelas XI SMA Negeri 9 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 9 Medan T.P 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 102 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 25 soal yang terdiri dari 5 pilihan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 41,41 dengan simpangan baku 9,49, dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,71 dengan simpangan baku 11,20. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1478 dan Ltabel = 0,1520, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1212, dan Ltabel = 0,1520, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,420 dan Ftabel = 1,804 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,8664 dan ttabel = 1,996, sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama.Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan pendekatan pembelajaran Kontekstual dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,82 dengan simpangan baku 8,343, dan kelas kontrol 68,23 dengan simpangan baku 9,94. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,064 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Persentase pengaruh peningkatan hasil belajar siswa diperoleh peningkatan sebesar 6,73%, dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran Kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida dinamis di kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 9 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan