DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBASIS PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Siti Nurlayly Batubara (STUDENT ID : 409121077)
Mariati P. Simanjuntak (LECTURER ID : 197111192002092001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-23 03:12:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa denganmenggunakan model pembelajaran Advance Organizer berbasis peta pikiran padamateri pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut SeiTuan T.P 20012/2013. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran AdvanceOrganizer berbasis peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokokListrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P20012/2013. 3) mengetahui aktivitas siswa selama mengikuti pembelajarandengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer berbasis petapikiran. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas X-8sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimenberjumlah 38 orang dan kelas kontrol berjumlah 37 orang. Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang telah divalidkan oleh validator kemudian di ujicobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran Advance Organizer berbasis peta pikiran dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,92 dengan standar deviasi 11,61 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 39,05 dengan standar deviasi 11,89. Selamaproses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 69,66 dengan kategori aktif dan kelas kontrol adalah 57,83 dengan kategori cukup aktif. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 71,71 dengan standar deviasi 10,21 dan kelas kontrol 66,48 dengan standar deviasi 11,53. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,09 dan ttabel = 1,667, sehingga thitung > ttabel (2,09 > 1,667) maka Ha diterima yakni ada perbedaan karena pengaruh penggunaan modelpembelajaran Advance Organizer berbasis peta pikiran terhadap hasil belajarsiswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X Semester II SMA Negeri 1Percut Sei Tuan T.P. 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan