DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 KUALA T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Fernando Lumban Batu (STUDENT ID : 409121028)
Nurdin Siregar (LECTURER ID : 195806081984031004)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-24 04:38:50 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui pengaruh hasil belajar siswadengan penerapan model Student Team Achievment Division menggunakan animasi pada pokok bahasan listrik dinamis di Kelas X Semester II SMAN 1 Kuala T.P 2012/2013 dan Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan penerapan model Student Team Achievment Division menggunakan animasi pada pokok bahasan listrik dinamis di Kelas X Semester II SMAN 1 Kuala T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 1 Kuala yang berjumlah 7 kelas. Sampel penelitian initerdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-C dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STADmenggunakan animasi dan kelas X-E dengan menggunakan model pembelajarankonvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu : 1)tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawabansebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen yangkedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 46,6 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 46,7. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran pembelajaran STAD sebesar 75,3 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 64,8. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung >ttabel yaitu 4,23 > 1,705 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha terima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokoklistrik dinamis di SMA Negeri 1 Kuala T.P 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan