DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TERMODINAMIKA DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Wasiyah (STUDENT ID : 409121088)
Henok Siagian (LECTURER ID : 196304151987031003)
Subject
QC Physics 
Datestamp
2016-11-22 08:58:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team dan strategi pembelajaran konvensional pada materi termodinamika di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 39 orang. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan berganda dan lembar aktivitas. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team dan kelas kontrol dengan strategi pembelajaran konvensional. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 44,2 dengan standar deviasi 9,8 dan nilairata-rata pretes kelas kontrol 43,3 dengan standar deviasi 10,5. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung =0,39 dan ttabel=1,995. Karena thitung ttabel maka Ha diterima yakni ada pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok termodinamika dikelas XI Semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan