DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE DI SMA NEGERI 1 SOSOR GADONG KABUPATEN TAPANULI TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Erik Soparma Simanungkalit (STUDENT ID : 408121043)
Derlina (LECTURER ID : 196403211990032001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-24 04:52:44 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) melihat apakah ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester genap SMA Negeri 1 Sosorgadong T.P. 2012/2013 ; (2) mengetahui bagaimana aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester genap SMA Negeri 1 Sosorgadong T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttes two group. Populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 1 Sosorgadong yang berjumlah 108 orang. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji-t dua pihak.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 30,86 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 31,20. Setelah diberikan perlakuan, diperoleh bahwa rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 76,57 dan rata-rata postes kelas kontrol sebesar 73,71. Pada hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t dua pihak, diperoleh thitung < ttabel(1,108<1,668), pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 68. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe NHT dan model kooperatif tipe TPS pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester genap SMA Negeri 1 Sosorgadong T.P. 2012/2013. Hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan aktivitas siswa lebih tinggi di kelas eksperimen dibandingkan dengan aktivitas siswa di kelas kontrol. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan