DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROSES ORIENTASI INKUIRI TERBIMBING (POGIL) DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Silvia Elastari Matondang (STUDENT ID : 409431034)
Eddiyanto (LECTURER ID : 196704251994031012)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-15 06:54:11 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran POGIL dengan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di SMA Negeri 1 Batang Angkola. Strategi pembelajaran Proses Orientasi Inkuiri Terbimbing merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis dan analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiripenemuannya dengan penuh percaya diri.Dengan menerapkan strategi pembelajaran POGIL dengan Media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan laju reaksi sebesar 78% lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional sebesar 64%. Maka peningkatan hasil belajar siswa sebesar 14%. Analisa statistik menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran POGIL dengan media powerpoint lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional (pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak/pihak kanan) diperoleh harga thitung > ttabel atau 7,269 >1,672 dengan taraf signifikan 5% (α= 0,05)Berdasarkan keberhasilan pengajaran menggunakan strategi pembelajaranPOGIL dengan media powerpoint maka perlu diaplikasikan lebih lanjut dalampengajaran materi kimia atau mata pelajaran lainnya. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan