DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DIKELAS X SMA NEGERI 1 PANCURBATU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Rianur Simanjorang (STUDENT ID : 71244320014)
Jamalum Purba (LECTURER ID : 196412071991031002)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-30 05:17:26 
Abstract :
Pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Ikatan Kimia dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu melakukan pengajaran dengan model Quantum Teaching sebagai kelas eksperimen dan pendekatan konvensional pada kelas kontrol. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 orang. Pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar kimia siswa diketahui dari kemampuan siswa sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Dari hasil uji data prestest dan posttest tebukti data terdistribusi normal dan homogeny. Nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen adalah 48,4 dan 81,4 serta nilai rata-rata kelas kontrol adalah 44,4 dan 74,53. Rata-rata gain kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 61% dan 53%, selisih peningkatan (%gain) hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 8%. Hipotesis diuji dengan uji t pihak kanan pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 5. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung (2,8) >ttabel =1,667 berarti bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Quantum Teaching lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatankonvensional pada pokok bahasan Ikatan Kimia di kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan