DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK ALJABAR DI KELAS VII SMP PRAYATNA MEDAN T.A. 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Sri Sukandi Wiratama (STUDENT ID : 409311052)
Asrin Lubis (LECTURER ID : 196010021987031004)
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2016-11-23 02:01:54 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi penerapan metode talking stick untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok aljabar di kelas VII SMP Prayatna Medan T.A 2013/2014. (2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa ketika diterapkan metode talking stick untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok aljabar di kelas VII SMP Prayatna Medan T.A 2013/2014. (3) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode talking stick pada materi pokok aljabar di kelas VII SMP Prayatna Medan T.A 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasVII-4 SMP Prayatna Medan yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalahpenerapan metode pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajarmatematika siswa pada materi pokok aljabar di kelas VII SMP Prayatna MedanTahun ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes,observasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum menerapkan tindakan, siswa diberikan tes awal. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, terdapat 6 dari 27 siswa (22,22%) yang mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan rata-rata 55,25 Setelah pemberian tindakan pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (27,5 %) atau ada 29 dari 40 siswa yang tuntas belajar secaraindividu dengan nilai rata-rata 74,5. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakanpada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (87,5 %) atau ada 35 dari 40 siswa (87,5 %) yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 78,88. Hasil penelitian ini membuktian bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok aljabar di kelas VII SMP Prayatna Medan Tahun ajaran 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan