DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) PADA SUB MATERI SISTEM INDERA PADA MANUSIA DI KELAS XI SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDANTAHUN PEMBELAJARAN2012 2013
Total View This Week3
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Diona Sahmi Lubis (STUDENT ID : 408141053)
Hudson Sidabutar (LECTURER ID : 196005261986011002)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-30 03:11:48 
Abstract :
Perkembangan ilmu pengetahuan menghasilkan kemajuan teknologi yang mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi pendidikan dan kebudayaan bangsa Indonesia Namun sistem pendidikan yang kita miliki belum mampu mengikuti dan mengendalikan kemajuan teknologi tersebut sehingga dunia pendidikan masih jarang menghasilkan Sumber Daya Manusia yang terampil kreatif dan aktifPendidikan merupakan serangkaian kegiatan komunikasi yang bertujuan antara manusia dewasa dengan anak didik secara tatap muka dalam rangka memberikan bantuan terhadap perkembangan anak seutuhnya dalam arti supaya dapat mengembangkan potensinya semaksimal mungkin agar menjadi manusia dewasa yang bertanggung jawabDalam dunia pendidikan guru sangat berperan penting untuk mendorong membimbing dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran karena guru merupakan orang yang berhadapan langsung dengan siswa Dalam interaksi pendidikan peserta didik tidak selalu harus diberi atau dilatih mereka dapat mencari menemukan memecahkan masalah dan melatih dirinya sendiri Rendahnya hasil belajar peserta didik dapat disebabkan oleh proses pembelajaran yang didominasi oleh pembelajaran tradisionalProses pembelajaran tradisional suasana kelas cenderung teacher-centered berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif Trianto 2009 Proses pembelajaran yang demikian akan menjadikan siswa sebagai pendengar kurang aktif dan cenderung bosan serta tidak ada umpan balik dalam kegiatan belajar mengajar karena siswa menganggap bahwa guru adalah sumber utama pengetahuan Rendahnya hasil belajar Biologi yang diperoleh siswa juga dapat disebabkan tidak tepatnya metode ataupun model pembelajaran yang digunakan oleh guru di dalam kelas Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran setiap hari akan membuat siswa merasa tidak bersemangat dalam belajar 
Institution Info

Universitas Negeri Medan