DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PELAJARAN TRIGONOMETRI DI KELAS XI IPA SMAN 14 MEDAN T.A 2014/2015
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Mayrio Arizona Silaen (STUDENT ID : 4103111051)
Asmin (LECTURER ID : 195708041985031002)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-25 04:07:58 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 14 Medan masih rendah khususnya materi trigonometri dilihat dari test diagnostik dan hasil ujian harian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh yang terjadi sebagai akibat dari penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan T.A 2014/2015. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 14 Medan T.A. 2014/2015 Sedangkan yang menjadi sampel sasaran dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas XI IPA-2dan kelas XI IPA-3. Rata-rata nilai pos-test dikelas eksperimen adalah sebesar 76,126, dan rata-rata dikelas kontrol sebesar 69,0417.Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakn uji t satu pihak (pihak kanan) diperoleh t hitung= 2,85084 dan t tabel= 1.99346 dengan dk = 72 dan taraf nyata α = 0,05. 6sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. artinya hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.Selanjutnya berdasarkan hasil uji t satu pihak terhadap data indeks gain diperoleh hasil thitung> ttabel , yaitu 3,18935>1.99346 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak, artinya peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi maka diperoleh persentasenya sebesar 40,48%, artinya pengaruh pretest terhadap postest karena penggunaan model pembelajaran NHT adalah 40,48%. Demikian juga pada kelas kontrol besar koefisien determinasinya adalah 36,16% artinya pengaruh pretest terhadap postest karena penggunaan model pembelajaran konvensionaldikelas tersebut memberikan pengaruh sebesar 36,16% terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dan pengujian hipotesis tersebut maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 14 Medan pada materi pelajaran trigonometri T.A. 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan