DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI (INQUIRY TRAINING MODEL) BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA KELAS VII SEMESTER 1 SMP DAYA CIPTA MEDAN T.P 2013/2014
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Ricki Setiawan (STUDENT ID : 409321040)
Mara Bangun Harahap (LECTURER ID : 195603031984031003)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-25 04:19:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri (Inquiry Training Model) berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa dan melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran latihan inkuiri pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII semester 1 SMP Daya Cipta Medan tahun pelajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Daya Cipta Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VII-1 dan VII-2. Kelas VII-1 pembelajaran diajarkan dengan model latihan inkuiri dan pada kelas VII-2 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini berupa tes yang berjumlah 20 item bentuk pilihan ganda dengan 4 option, yang telah diuji validitasnya. Data hasil penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan uji t dua pihak.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 28,9 dengan standar deviasi 9,6 dan nilai pretes kelas kontrol adalah 28,8 dengan standar deviasi 8,3. Kemudian setelah diberi perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen 73,4 dengan standar deviasi 9,2 dengan aktivitas siswa 72,9 % termasuk kategori baik, dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata postes 59,2 dengan standar deviasi 12,1. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua pihak dengan hasil dan . Karena maka diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran latihan inkuiri (Inquiry Training Model) berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya kelas VII semester 1 SMP Daya Cipta Medan tahun pelajaran 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan