DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN T.A 2013/2014
Total View This Week2
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Safriady Panjaitan (STUDENT ID : 409321050)
Eva Marlina Ginting (LECTURER ID : 196704221997022001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-29 09:04:09 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar fisika siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran T.A2013/2014.Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pre-test and Post-test. Populasi seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 178 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu kelas X-1 berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas X-2 berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa, tes hasil belajar dalam bentuk essay sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel.Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,179 dengan standar deviasi 10,906 dan kelas kontrol adalah 4,0857 dengan standar deviasi 20,798. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,160 < 0,1658, sedangkan kelas kontrol Lhitung < Ltabel = 0,115 < 0,1658 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh Fhitung < Ftabel = 0,464 < 1,89 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen dan pada uji hipotesis thitung ttabel = 1,706 > 1,671 maka Ha diterima dan Ho dengan demikian diperoleh ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran T.A 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan