Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Tiya Musanna (STUDENT ID : 4101111054)
- Mukhtar (LECTURER ID : 195908071983031033)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2016-08-30 01:52:13
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui peningkatan kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning, (2) Mengetahui sejauhmana peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa setelah diajar dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas IX SMP Negeri 3 Rantau Utara yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di kelas IX SMP Negeri 3 Rantau Utara Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I peneliti memberi perlakuan yaitu menerapkan model pembelajaran Think Pair Share yang dibimbing secara individual. pada akhir siklus dilaksanakan tes kemampuan penalaran I yang berbentuk uraian dan sebanyak 4 soal, dari hasil tes kemampuan penalaran I dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan penalaran daripada hasil tes awal sebelum diberi perlakuan, namun belum memenuhi kriteria penalaran yang baik. Kemudian dilaksanakan siklus II dengan adanya penambahan perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran Think Pair Share yang dibimbing secara individual dan kelompok. Pada akhir siklus dilaksanakan tes kemampuan penalaran II yang berbentuk uraian dan sebanyak 4 soal, dari hasil tes dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan penalaran. Dari hasil tes awal diketahui rata-rata kemampuan penalaran siswa 47,22 dengan presentase siswa yang telah mencapai nilai kemampuan penalaran minimal kualifikasi cukup baik sebesar 69,44% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 63,19 dengan presentase siswa yang mencapai Nilai minimal kualifikasi cukup baik sebesar 83,32% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus II, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 76,05 dengan presentase siswa yang mencapai nilai minimal kualifikasi cukup baik sebesar 88,88% dari jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan penalaran siswa kelas IX XMP Negeri 3 Rantau Utara sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa.