DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII-1 SMP SWASTA PAB 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Total View This Week2
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Utari Mustika (STUDENT ID : 4103311047)
M Panjaitan (LECTURER ID : 195912301985031004)
Subject
BF501 Motivation 
Datestamp
2016-08-23 01:57:01 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII dengan jumlah siswa 28 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching pada materi bilangan pecahan di kelas VII-1 SMP Swasta PAB 18 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Instrumen penilaian pada penelitian ini adalah angket motivasi belajar siswa, lembar observasi siswa dan guru, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan pembelajaran Quantum Teaching pada materi bilangan pecahan sudah mengalami peningkatan dan kegiatan pembelajarannya efektif. Berdasarkan hasil angket yang telah diberikan untuk melihat motivasi belajar siswa, diperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 71,78% dan di siklus II diperoleh 85,21%. Selanjutnya, berdasarkan ketuntasan belajar yang dicapai yaitu dari 21 orang siswa (75%) pada siklus I meningkat menjadi 25 orang siswa (89,28%) pada siklus II. Dengan demikian, kelas tersebut telah memenuhi kriteria tingkat ketuntasan klasikal, yaitu terdapat 85% siswa yang mengikuti tes telah mencapai nilai 2.66. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMP Swasta PAB 18 Medan.Berdasarkan hasil analisis data dan observasi kegiatan pembelajaran, penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan