DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY DAN DISCOVERY PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 4 BINJAI
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Yuliyanti Kesuma Wardani (STUDENT ID : 409321060)
Eidi Sihombing (LECTURER ID : 195706061985031002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-24 06:54:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Inquiry dan metode pembelajaran Discovery pada materi pokok Cahaya di kelas VIII semester II SMP Negeri 4 Binjai T.A 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Binjai yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang untuk kelas eksperimen A dan 25 orang untuk kelas eksperimen B. Sebelum pembelajaran diberikan terlebih dahulu dilakukan pretes kepada kedua kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar pada materi pokok cahaya dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 15 soal yang terdiri dari 4 pilihan jawaban. Sebelum tes pilihan berganda diberikan kepada siswa yang hendak diteliti, terlebih dahulu tes diuji validitasnya yaitu dengan menggunakan validitas isi.Hasil pengelolahan data diperoleh nilai rata 
Institution Info

Universitas Negeri Medan