DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE MAKE A MACTH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON
Total View This Week2
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Relisda Tampubolon (STUDENT ID : 4113131057)
Anna Juniar (LECTURER ID : 196006131988032001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-25 01:41:30 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Make a Macth terhadap hasil belajar kimia siswa SMA pada pokok bahasan hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jawa yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Make a Macth dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning tanpa metode Make a Macth. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 23 soal yang telah valid. Hasil penelitian menunjukan, nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen adalah 35,56 dan untuk kelas kontrol adalah 27,60 sedangkan nilai rata-rata postest untuk kelas eksperimen adalah 79,06 dan untuk kelas kontrol adalah 74,70. Uji hipotesis dalam penelitian ini yaitu uji t pihak kanan dan uji hipotesis korelasi yang diperoleh thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan metode Make a Macth terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan