DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Total View This Week2
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Rahmi Erwita Dalimunthe (STUDENT ID : 103141062)
Tri Harsono (LECTURER ID : 196512311990031018)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-25 03:06:37 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya efektivitas penggunaan metode bermain peran pada Sistem Pernapasan Manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 14 kelas yang bejumlah 631 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini digunakan secara acak (random sampling) yaitu kelas XI MIA 1 yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji cobakan validitas; reabilitas; tingkat kesukaran dan daya pembeda. Instrumen penelitian yang digunakan sebanyak 25 soal.Berdasarkan hasil analisa data secara deskriptif; keefektifan metode bermain peran dalam penelitian ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang tergolong tinggi yaitu 82; ketuntasan belajar siswa secara klasikal tergolong tinggi dengan persentase 91%; ketuntasan pencapaian indikator telah tercapai dengan persentase 80% dan aktivitas siswa selama pembelajaran tergolong sangat baik dengan persentase 87% siswa sudah aktif. Dengan demikian; dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran pada Sistem Pernapasan Manusia memberikan hasil yang baik terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan