DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIK KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2014/2015
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
- Maryuna (STUDENT ID : 4113121037)
Makmur Sirait (LECTURER ID : 196303061989031009)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-25 04:06:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inquiry training berbantu multimedia dan mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran inquiry training berbantu multimedia pada materi pokok fluida dinamik di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas XI MIA-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 orang dan kelas XI MIA-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dengan 5 option. Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,76 dengan standar deviasi 10,73, dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 34,48 dengan standar deviasi 10,54, Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen Lhitung = 0,1390 dan Ltabel = 0,1456, untuk kelas kontrol Lhitung = 0,1152, dan Ltabel = 0,1497 sehingga Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas Fhitung = 1,036 dan Ftabel = 1,76 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training berbantu multimedia dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Persentase aktivitas siswa kelas eksperimen dari pertemuan I hingga pertemuan III mengalami peningkatan, dengan rata-rata persentase 72% dengan kategori aktif. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas, nilai rata-rata postes kelas eksperimen 74,42 dengan standar deviasi 9,58 dan kelas kontrol 67,23 dengan standar deviasi 10,65. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,03 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantu multimedia terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamik di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan