DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS SEMESTER II DI KELAS XI MAN TAANJUNGBALAI T.P. 2014/2015
Total View This Week2
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Yuni Shara (STUDENT ID : 4112121020)
Ratna Tanjung (LECTURER ID : 196102251988032001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-25 04:09:07 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran project based learning dan pembelajaran konvensional serta mengetahui aktivitas belajar, psikomotorik dan afektif siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning pada materi pokok fluida statis (hidrostatik) semester II di kelas XI MAN Tanjungbalai T.P 2014/2015Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pre-test dan pos-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI semester II MAN Tanjungbalai yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling mengambil 2 kelas dari 6 kelas yaitu Kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen tes hasil belajar dalam bentuk essay berjumlah 10 soal. Aktivitas, psikomotorik dan afektif siswa menggunakan lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,96 dan kelas kontrol 29,21. Pada pengujian normalitas untuk pretes kelas eksperimen Lhitung = 0,1550 dan Ltabel = 0,1610, untuk kelas kontrol Lhitung = 0,138, dan Ltabel = 0,1610 sehingga Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas kedua kelas Fhitung= 1,0535 dan Ftabel = 1,905 sehingga Fhitung < Ftabel yang berarti bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan homogen. Berdasar uji t dua pihak diperoleh thitung =1,9212 dan ttabel = 2,0006 sehingga thitung < ttabel, maka kemampuan awal kedua kelas tersebut sama atau homogen. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 73 dan kelas kontrol 61,78. Rata-rata nilai aktivitas belajar siswa 77,5% , psikomorik 78,39, dan afektif 76,21 termasuk dalam kriteria aktif. Uji hipotesis uji t satu pihak, diperoleh thitung = 3,099 dan ttabel = 1,6681 sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI MAN Tanjungbalai T.P 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan