DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) INOVATIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMBELAJARKAN KONSEP ASAM DAN BASA PADA SISWA SMA
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Trisna Winarty Simanullang (STUDENT ID : 4113131078)
Ramlan Silaban (LECTURER ID : 196006181987031002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-25 04:19:58 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Lembar Kerja Siswa yang telah memenuhi kriteria kelayakan penyajian standar BSNP, melalui uji coba terhadap hasil belajar kimia siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Lembar Kerja Siswa Inovatif pada materi Asam dan Basa di kelas XI SMAN 3 Medan dan melalui persepsi dosen kimia sebagai validator ahli dan guru kimia dengan menggunakan angket BSNP. Berdasarkan uji coba terhadap hasil belajar diperoleh hasil belajar kimia siswa yang diajarkan menggunakan LKS kimia inovatif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan LKS yang beredar, dimana peningkatannya sebesar 16,55%. Berdasarkan persepsi dosen kimia (sebagai validator ahli) dan guru kimia terhadap Lembar Kerja Siswa inovatif berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan atas materi Asam dan Basa adalah baik dilihat dari rata-rata rentang nilai validasi sebesar 3,65 dimana, rentang nilai rata-rata validasi berada pada kisaran 3,26-4,00 yang berarti bahwa LKS Inovatif berbasis PBL pada materi asam dan basa kelas XI sesuai kurikulum 2013 telah valid dan layak dipergunakan. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan