DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIAFLASH TERHADAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Delvi Selvani Tarigan (STUDENT ID : 4111131026)
Albinus Silalahi (LECTURER ID : 195303021980121001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-29 02:12:51 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan menggunakan Macromedia Flash lebih baik daripada hasil belajar yang diajarkan dengan model Konvensional dengan menggunakan Macromedia Flash pada pokok bahasan Sistem Koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA., sampel yang teliti adalah SMA Negeri 17 Medan, yang diambil sebanyak 2 kelas yang masing – masing kelas terdiri dari 40 orang siswa. Sampel 2 kelas tersebut yaitu Kelas XI IPA5 (Kelas Eksperimen I yang diberi pengajaran dengan dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan menggunakan Macromedia Flash) dan kelas XI IPA1 (Kelas Eksperimen II diberikan pengajarkan dengan model Konvensional dengan menggunakan Macromedia Flash). Hasil belajar tersebut dari masing-masing kelas diukur dengan instrument test hasil belajar bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item yang memenuhi validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistika T. Data yang diperoleh : rata – rata hasil belajar siswa kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together degan menggunakan Macromedia Flash adalah sebesar 81 dan rata – rata hasil belajar siswa kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan Macromedia Flash adalah sebesar 76,25. Berdasarkan analisis data dengan teknik statistik T tersebut pada tingkat signifikansi 5 % atau (α = 0,05) dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan menggunakan Macromedia Flash lebih baik daripada hasil belajar yang diajarkan dengan model Konvensional dengan menggunakan Macromedia Flash pada pokok Bahasan Sistem Koloid. Peningkatan atau kenaikan Afektif rata-rata sikap kerjasama siswa yang dibelajarakan dengan model Numbered Head Together dengan menggunakan Macromedia Flash yaitu 58%. Kata kunci: Numbered Head Together, Macromedia Flash, Hasil Belajar. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan