DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TIPE CO-OP CO-OP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SISWA SMP KARYA BUNDA MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2014/2015
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Isti Dariaty (STUDENT ID : 4101311001)
Asrin Lubis (LECTURER ID : 196010021987031004)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-29 05:05:28 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui Strategi untuk meningkatkan komunikasi matematika siswa kelas VIII-A SMP Karya Bunda pada materi sistem persamaan linier dua variabel, (2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VIII-A SMP Karya Bunda Medan ketika diterapkan model pembelajaran Kooperatif GI tipe Co-op Co-op, (3) untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematika siswa kelas VIII-A SMP Karya Bunda pada materi Sistem Persamaa Linier Dua Variabel setelah menggunakan Model pembelajaran Kooperatif tipe Co-op Co-op. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A SMP Karya Bunda Medan yang berjulah 25 orang. Objek penelitian ini adalah Upaya peningkatan komunikasi matematika melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif GI tipe Co-op Co-op pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII-A SMP Karya Bunda Medan.Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 13 siswa (62%) dari 25 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya ≥70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes komunikasi matematika II diperoleh 23 siswa (88%) dari 25 orang yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya ≥70). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 21%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal, maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika siswa untuk setiap indikator pada siklus I : pada aspek menulis / menjelaskan skor rata-rata siswa 83,5 (kategori Tinggi), pada aspek representasi skor rata-rata 68 (kategori rendah). Pada aspek menggambar skor rata-rata siswa 38 (kategori sangat rendah). Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut: pada aspek menulis/ menjelaskan skor rata-rata siswa 89 (kategori Tinggi), pada aspek representasi skor rata-rata 85,5 (kategori Tinggi). Pada aspek menggambar skor rata-rata siswa 55,5 (kategori sangat rendah). Berdasarkan uraian-uraian diatas, disimpulkan bahwa aktivitas dan komunikasi matematika siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kooperatif tipe Co-op Co-op pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII-A SMP Karya Bunda Medan Estate Tahun Ajaran 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan