DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 19 MEDAN
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Aflah Widyana (STUDENT ID : 4113121002)
Ridwan Abdullah Sani (LECTURER ID : 196406101988031017)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-29 08:06:59 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan hasil belajar fisika yang diajar dengan model pembelajaran latihan inkuiri dan pembelajaran konvensional pada materi listrik dinamis di SMA Negeri 19 Medan.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 19 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 39 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 8 soal. Uji hipotesis menggunakan uji t. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran latihan inkuiri dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen = 38,11 dengan standar deviasi = 5,99 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol = 37,50 dengan standar deviasi = 5,72. Kemudian diberikan perlakuan di kelas eksperimen dengan model pembelajaran latihan inkuiri dan di kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 62,79% dengan kategori aktif. Setelah pembelajaran selesai diberikan, dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen = 75,04 dengan standar deviasi = 6,33 dan kelas kontrol = 65,15 dengan standar deviasi = 5,88. Dari uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 6,96 dan ttabel = 1,996, sehingga thitung > ttabel (6,96>1,996) maka H diterima yakni ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran latihan inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 19 Medan. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan