DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN KOLABORASI MODELPEMBELAJARAN RECHIPROCAL TEACHING DAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS-1 SMA SWASTAMARDI LESTARI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Pretty Wina Pasaribu (STUDENT ID : 709341102)
Jisman Pardede (LECTURER ID : 195003091979031002)
Subject
HB Economic Theory. Demography 
Datestamp
2016-08-24 03:56:27 
Abstract :
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajarakuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS-1SMA Swasta Mardi Lestari Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 denganpenerapan kolaborasi model pembelajaran Reciprocal Teaching dan Team Quiz.Penelitian ini dilaksankan di SMA Swasta Mardi Lestari Medan. Subjek dalampenelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitianini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan untukpengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembarobservasi aktivitas. Sedangkan teknik analisa data menggunakan data kualitatif dan datakuantitatif.Berdasarkan analisis data terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I kesiklus II. Pada siklus I diperoleh 36,67% atau 11 orang untuk kriteria baik dan sangatbaik. Sedangkan pada siklus II diperoleh 76,67% atau 23 orang untuk kriteria baikdan sangat baik. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar40%. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 19 orang dari 30 orangsiswa yang mendapat nilai > 70 atau sebesar (63,33%) dan 11 orang mendapat nilai <70 atau sebesar (36,66%) dengan nilai rata-rata 69,16. Pada siklus II yangmemperoleh nilai > 70 sebanyak 23 orang (76,66%) dan siswa yang memperoleh <70 sebanyak 7 orang (23,33%) dengan nilai rata-rata sebesar 83,16. Jadi peningkatannilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 13,33. Pengujian signifikan hasil belajarsiswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = n-1 pada  = 0,05 dan N = 30.Dari data perhitungan diperoleh t hitung = 10,937 dan t tabel = 2,045. Hasil pengujianmenunjukkan t hitung > t tabel yaitu ( 10,937 > 2,045). Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa positif dan signifikan. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Reciprocal Teaching dan Team Quiz di kelas XI IPS-1 SMA Swata Mardi Lestari Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa 
Institution Info

Universitas Negeri Medan