DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH DENGAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Total View This Week3
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Dafid Leo Lase (STUDENT ID : 7103142011)
Teridah Sembiring (LECTURER ID : 195207231980011001)
Subject
HG1706 Accounting. Bookkeeping 
Datestamp
2016-08-30 01:52:03 
Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa jika penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Information Search dengan Peer Lessons untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan data kuantitatif, data kualitatif.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I persentase keaktifan belajar siswa dalam proses belajar mengajar sebesar 65,90% atau 29 orang, menjadi 86,36% atau 38 orang pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 20,46%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 44 siswa hanya 52,28% atau sebanyak 23 orang siswa yang tuntas belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 68,29 menjadi 88,64% atau sebanyak 39 orang pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,86. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai 70.Dari daftar distribusi t untuk α = 0,05 dan dk = 44 – 1 =43 terdapat di dalam distribusi t, dimana ttabel = 2,0167. Dengan membandingkan thitung dan ttabel diperoleh thitung ttabel yaitu 17,61 2,0167 sehingga hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014 pada post test siklus I dan post test siklus II adalah signifikan maka dalam hal ini Ha = Y> X diterima dan Ho : Y = X ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Information Search dengan Peer Lessons dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan