DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NUSANTARA LUBUK PAKAM T P 2013-2014
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Dwi Vani Sulasti (STUDENT ID : 7103141032)
Effi Aswita Lubis (LECTURER ID : 957092319844032001)
Subject
HB Economic Theory. Demography 
Datestamp
2016-08-30 02:26:20 
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2013-2014 yang rendah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2013-2014 Penelitian ini dilakukan di SMA Nusantara Lubuk Pakam dengan populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPS kelas eksperimen adalah XI IPS 1 dan kelas kontrol adalah XI IPS 2 Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dengan sampel sebanyak 50 siswa Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung skor rata rata standar deviasi selanjutnya dari data ini akan diuji normalitas data homogenitas data dan akhirnya menguji hipotesisBerdasarkan hasil analisis data rata rata Mean tes yang menggunakan Time Token pretes diperoleh rata rata 67 6 dengan standar deviasi SD 7 23 Sedangkan pada postes diperoleh rata rata 80 8 dan standar deviasi SD 8 25 Untuk rata rata pretes pada kelas kontrol yang tanpa diberikan time token diperoleh rata rata 68 2 dengan standar deviasi 6 90 Sedangkan postes pada kelas kontrol yang tanpa diberikan time token diperoleh rata rata 74 4 dengan standar deviasi SD 7 26 Sedangkan uji normalitas data yang menggunakan time token pretes berdistribusi normal yaitu 0 1307 0,1730 dan postes berdistribusi normal yaitu 0 1398 0 1730 dan pada kelas yang tanpa diberikan time token pretes berdistribusi normal yaitu 0 1235 0 1730 dan postes berdistribusi normal karena 0 1406 0 1730 Hasil uji homogenitas nilai pretes diperoleh Fhitung Ftabel 1 09 1 98 pada taraf signifikasi 5 0 05 Dan uji homogenitas nilai postes diperoleh Fhitung Ftabel 1 29 1 98 sehingga dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas varians sampel yang menggunakan pretes dan postes mempunyai varians yang sama. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan postes thirung ttabel 2 96 1 99 dan dk 48 Dengan demikian Ha diterima sedangkan Ho ditolakDengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran time token terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2013-2014 
Institution Info

Universitas Negeri Medan