DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE KWL (KNOW - WANT TO KNOW, LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/ 2014
Total View This Week6
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Pienti Mala Ningsih Manalu (STUDENT ID : 2103111049)
H. Sigalingging (LECTURER ID : 195110310981031001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-09-05 07:32:16 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode KWL (Know-Want to Know,Learned) terhadap kemampuan memahami teks eksposisi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negei 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 415 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X IPA 2 dan X IPA 6 yang masing-masing kelas berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda.Dari pengolahan data diperoleh hasil di kelas eksperimen dengan rata-rata = 79,13, standard deviasi = 10,36 dan termasuk pada kategori sangat baik, baik, cukup dan kurang yakni 35% dari kategori sangat baik, 52,5% dari kategori baik, 10% dari kategori cukup dan 2,5% dari kategori kurang. Hasil di kelas kontrol dengan rata-rata = 67,37 standard deviasi = 11,01 dan dari kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang yakni 12,5% dari kategori sangat baik, 32,5% dari kategori baik, 40% dari kategori cukup,dan 15% dari kategori kurang. Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 4,86. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=40-1=39 dari df =40 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 4,86 > 2,02, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan metode KWL (Know, Want to Know, Learned) terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan