DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NAMORAMBE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Total View This Week7
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Dian Asyari (STUDENT ID : 209111018)
Sanggup Barus (LECTURER ID : 195411101980031007)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-09-05 07:42:35 
Abstract :
Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran peta pikiran terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Namorambe Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Namorambe yang berjumlah 130 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas (random sampling). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 dijadikan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran peta pikiran dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan media cetak. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X_1 memiliki rata-rata 76,8 dengan standar deviasi sebesar 10,71, sementara kelas X_2 memiliki rata-rata 64,15 dengan standar deviasi sebesar11,06. Berdasarkan perhitungan uji normalitas, diketahui bahwa pada X_1 diperoleh harga L0 (Lhitung)= 0,1522 dan Lt (Ltabel)= 0,1566. Ternyata Lhitung 2,65. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi lebih berpengaruh menggunakan media pembelajaran peta pikiran dibandingkan media cetak pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Namorambe tahun pembelajaran 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan