DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KECERDASAN MAJEMUK DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS XII SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Olivia Juni Rosita Hutagalung (STUDENT ID : 71222110026)
Syamsul Arif (LECTURER ID : 195911241986011002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-09-06 02:19:07 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca kritis siswa, kecerdasan majemuk siswa, dan apakah adanya hubungan yang signifikan yang terjadi antara kecerdasan majemuk dengan kemampuan membaca kritis.Penelitin ini dilakukan di SMA Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 155 orang. Karena jumlah populasi di sekolah tersebut banyak, maka sampel yang diambil untuk diteliti adalah sebanyak 37 orang yaitu 37 orang kelas XII IPA-1.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi product moment. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan majemuk dan tes pilihan berganda kemampuan membaca kritis. Tes ini diberikan hanya satu kali pada pertemuan yang berbeda dengan terlebih dahulu memberikan tes angket kecerdasan majemuk kemudian memberikan penerapan kecerdasan dominan terhadap tes kemampuan membaca kritis. Setelah diketahui M dan SD maka variabel X dan Y akan diuji kecendrungannya. Karena, penelitian ini bersifat korelasi, maka skor variabel X dan variabel Y harus berdistribusi normal dengan melakukan uji normalitas dan uji linearitas keberartian regresi.Berdasarkan perhitungan hasil dari M(x)=73,39 dan SD(x)=9,92 sedangkan M(y)=74,89 dan SD(y)=11,53. Dari hasil rata-rata (x) maka diuji kecendrungan (x) diperoleh hasil pada kategori cukup. Sedangkan dari hasil rata-rata (y) maka diuji kecendrungan (y) diperoleh hasil pada kategori baik. Hasil dari uji normalitas diperoleh (x)=0,89 dan (y)=0,47 kemudian dikonsultasikan pada taraf signifikan α=0,05maka diperoleh (0,89<7,81) dan (0,47<7,81) sehingga disimpulkan data berdistibusi normal. Hasil uji linearitas keberartiam regresi diperoleh persamaan Y=35,29+0,53x dengan f h0,029) dengan fh>ft, sehingga persamaan regresi berarti. Kemudian korelasi product moment yang diperoleh rxy hitung = 1,21. Setelah nilai tersebut dibandingkan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5% diperoleh 0,325. Setelah dibandingkan ternyata nilai rxy hitung > rxy tabel, yakni 1,21> 0,325. Hasil perhitungan ini bermakna bahwa tingginya kemampuan membaca kritis siswa adalah dipengaruhi oleh tingginyanya kecerdasan majemuk siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan