DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 AIR PUTIH KABUPATEN BATU BARA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Hadi Tiawarman (STUDENT ID : 2102111010)
Rosmawaty (LECTURER ID : 196104201987032002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-09-06 04:05:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model aktif tipe take and give dalam menulis surat resmi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Air Putih Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Air Putih yang berjumlah 215 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas (cluster random sampling). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 dijadikan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan metode take and give dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan metode ceramah. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X (kelas eksperimen) memiliki rata-rata 76,5 dengan standar deviasi sebesar 11,14 sementara kelas Y (kelas kontrol) memiliki rata-rata 66,3 dengan standar deviasi sebesar 10,34. Nilai t, thitung = 3,795, ttabel 1 %= 2,39 dan ttabel 5%= 1,67, karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 3,795 < 2,39 dan 3,795 > 1,67 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks pidato menggunakan metode take and give memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan metode ceramah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Air Putih Tahun Pembelajaran 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan