DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015,
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Adliya Eka Putri (STUDENT ID : 2103111001)
Wisman Hadi (LECTURER ID : 197802012003121003)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-09-06 06:00:49 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Sampel penelitian berjumlah 32 orang adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada, sebanyak 182 orang siswa.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre test and post test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata 63.125, standar deviasi 8.07, serta lima kategori nilai yakni kategori sangat baik 0%, kategori baik 19%, kategori sedang 28%, kategori kurang 44% dan kategori sangat kurang 9%; sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 74.843, standar deviasi 8.37, dengan lima kategori nilai yakni kategori sangat baik 19%, kategori baik 41%, kategori sedang 34%, kategori kurang 6%, dan kategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 5.3; setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df = N-1 = 32 – 1 = 31, dari df 31 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.04. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 5.3>2.04, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh secara posistif terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan