DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI TEKS PANTUN OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015.
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Nita Wardani Siregar (STUDENT ID : 2103311029)
Basyaruddin (LECTURER ID : 19580904198611001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-09-06 06:39:37 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan menginterpretasi teks pantun oleh siswa kelas XI SMA Swasta Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 131 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI IPA-2 yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah essay test.Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata- rata= 62,83, standart deviasi= 9,10 dan termasuk kategori sangat baik0%, kategori baik 26,67%, kategori cukup 56,66%, kategori kurang 16,67% , dan kategori sanat kurang 0%. Sedangkan hasil post-test diperoleh rata- rata= 79,50, standart deviasi= 7,57 dengan kategori sangat baik 36,67, kategori baik 56,66%, kategori cukup 6,67%, kategori kurang 0% dan kategori sangat kurang 0%. Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat kedua hasil berdistribusi normal . Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 7,58. Selanjutnta setelah to diketahui , kemudian dikonsultasikan denagn tabel t pada taraf sinifikan 5% dengan df= N-1=29 dari df=30 diperoleh taraf 2,04, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model problem based learning terhadap kemampuan menginterpretasi teks pantun oleh siswa kelas XI SMA swasta budisatrya medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan