DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEI KANAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Total View This Week5
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Eva Susanti Ginting (STUDENT ID : 21113111029)
Rosmawaty (LECTURER ID : 196104201987032002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-09-07 01:39:15 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Take And Give Terhadap Kemampuan Menyunting Teks Prosedur Kompleks oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 6 (enam) kelas yang berjumlah 211 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel penelitian sebanyak 35 orang. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain one group pre-test post-test design.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyunting teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran aktif tipe take and give termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 63,29, sedangkan kemampuan siswa menyunting teks prosedur kompleks sesudah menggunakan model pembelajaran aktif tipe take and give termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 75,43. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan t_hitung(4,87)>t_tabel(2,00) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan H_o ditolak dan H_a diterima, berarti ada Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Take And Give Terhadap Kemampuan Menyunting Teks Prosedur Kompleks Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menyunting teks prosedur kompleks sesudah menggunakan model pembelajaran aktif tipe take and give lebih baik daripada hasil pembelajaran menyunting teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran aktif tipe take and give. Dan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe take and give berpengaruh positif terhadap kemampuan menyunting teks prosedur kompleks. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan