Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
PUJA RAY (STUDENT ID : 4133321019)
Ridwan Abdullah Sani (LECTURER ID : 0010016409)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2020-02-19 08:12:24
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok
Fluida Statis Di Kelas XI Semester II SMAN 2 Percut Sei Tuan T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan two
group pretest ?posttest design. Populasi penelitian adalah selusruh siswa kelas XI
IPA yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel secara cluster random
sampling terdapat 2 kelas, XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 30 siswa dan XI
IPA 2 sebagai kelas kontrol 30 siswa. Instrumen tes dalam bentuk essay dengan
jumlah 8 soal yang sudah divalidasi oleh validator dan lembar observasi. Untuk
menguji hipotesis digunakan uji beda ( uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu
uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,4
dan kelas kontrol 34,2, hasil uji t diperoleh thitung = 1,44 dan ttabel= 2,002 karena
thitung < ttabel maka kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Nilai
rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 72,7 dengan standar deviasi 6,86 dan kelas
kontrol yaitu 61,17 dengan standar deviasi 7,55. Hasil nilai postes kelas
eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t satu pihak dan
diperoleh hasil 6,19 > 2,43 yaitu thitung > ttabel pada taraf nyata 0,05 maka (Ha)
diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh penggunaan Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada
Materi Pokok Fluida Statis Di Kelas XI Semester II SMAN 2 Percut Sei Tuan T.P
2016/2017