DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SDN 106219 NAGUR KEC. TANJUNG BERINGIN KAB. SERDANG BEDAGAI T.A 2017/2018
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
SITI SARIPAH HANIM (STUDENT ID : 1133311081)
Eva Betty Simanjuntak (LECTURER ID : 196110261987032001)
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2019-02-18 04:54:58 
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Penelitiaan ini dilaksanakan di SDN 106219 Nagur Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajar 2017/2018. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan cara teknik random sampling. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 106219 Nagur yang berjumlh 60 siswa, yang terbagi atas kelas V-A sebanyak 30 siswa dan siswa kelas V-B sebanyak 30 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pree-test dan post-test dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal. Berdasarkan analisis data ditemukan kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning diperoleh nilai pre test X = 42,83, S2 = 114,97 dan SD = 10,72, dan nilai post-test X = 80,17, S2 = 1130,14 dan S = 11,30, terjadi peningkatan dari pengaruh hasil belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning sebesar 89 %. Hasil analisis data kelas kontrol diperoleh X = 41, S2 = 169,65, SD = 13,02 dan nilai post-test X = 61,66, S2 = 110,91 dan SD = 10,53, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 46 %. Hasil perhitungan normalitas data pree-test dan post-test kelas eksperimen diperoleh nilai L0 = 0,0182 dan 0,1510, dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh Ltabel = 0,161. Dengan demikian Lhitung > Ltabel, sehingga sampel berdistribusi normal. Selanjutnya hasil perhitungan uji normalitas data pree-test dan post-test kelas kontrol diperoleh nilai L0 = 0,1574 dan 0,1412 dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh Ltabel = 0,061. Dengan demikian Lhitung > Ltabel, sehingga sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas data pree-test kelas eksperimen dan kelas kontrol di peroleh Fhitung = 1,475 dan dari post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung = 1,73 dengan dkpembilang =29 dan dkpenyebut =29 diperoleh Ftabel = 1,859. Dengan demikian sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil perhitungan uji reabilitas diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,741 > 0,361 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dinyatakan bahwa soal yang disajikan reliabel. Selanjutnya perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 5,226 dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh Ltabel = 2.002. Dengan demikian hasil uji hipotesis menunjukan bahwa Ha diterima dengan perolehan thitung > ttabel yaitu 5,226 > 2,002. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan