DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN MEDAN
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
CANDRA ZULHAM SINAGA (STUDENT ID : 5133131007)
ADI SUTOPO (LECTURER ID : 196402201991031002)
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2019-02-18 05:43:35 
Abstract :
Sinaga, Candra Zulham. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik Kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018”, Skripsi, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs pada siswa kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ada disekolah, dimana motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik masih rendah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen, dimana dalam pelaksanaannya melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas eksperimen dilakukan perlakuan eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs, sedangkan pada kelas kontrol, siswa dibiarkan belajar dengan model konvensional. Kedua kelompok dalam penelitian ini merupakan kelompok yang homogen dimana tidak ada perbedaan secara khusus. Penentuan kelas dilakukan teknik purposive sampling, kelas eksperimen adalah kelas X TJTL 1 dengan jumlah siswa 27 orang dan kelas kontrol adalah kelas X TIPTL 1 dengan jumlah siswa 28 orang. Dari data yang diperoleh, motivasi belajar dari hasil angket pretest rata-rata skor motivasi belajar siswa adalah 62.67, setelah dilakukan perlakuan pada posttest terjadi peningkatan motivasi belajar menjadi 66.92. Hasil uji t sampel independen rata-rata nilai posttest pada taraf kepercayaan 95%, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung 3.82 lebih besar dari tabel 1.674. Dari data yang diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 88.03 dengan kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest sebesar 56,89 dengan kategori cukup. Hasil uji t sampel independen ratarata nilai posttest pada taraf kepercayaan 95%, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung 31.14 lebih besar dari ttabel 1.674. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan