DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK SWASTA HARAPAN MEKAR 2 MEDAN TP. 2017/2018
Total View This Week22
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Isman Kornelius Nainggolan (STUDENT ID : 7123141061)
Rotua Simanullang (LECTURER ID : 197303202006042001)
Subject
HB Economic Theory. Demography 
Datestamp
2019-02-18 05:39:14 
Abstract :
Isman Kornelius Nainggolan, Nim 7123141061, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI AP SMK Harapan Mekar 2 Medan T.P. 2017/2018”. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Medan 2017. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran siswa di SMK Harapan Mekar 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Harapan Mekar 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang beralamat di jalan Marelan Raya No. 77 Medan Marelan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI, yang berjumlah 64 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling yang masing-masing berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk pre-test dan post-test adalah tes hasil belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji Homogenitas, uji Normalitas dan Pengujian Hipotesis dilakukan dengan Uji t. Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) ( rata-rata = 78,43 dan SD = 9,87 ) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional (rata-rata 73,59 dan SD = 9,35). Dari pengujian Hipotesis yang dilakukan ddengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kepercayaan 95 %, diperoleh t hitung = 2,016 sedangkan t tabel = 1,67 sehingga t hitung> t tabel yaitu 2,016 > 1,67. hasil ini menunjukkan bahwa Hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan modelpembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI AP SMK Harapan Mekar 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018”. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan