DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 13 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week3
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Artauli Vivi M.S Sitohang (STUDENT ID : 7133341080)
Thamrin (LECTURER ID : 196407191993031003)
Subject
HB Economic Theory. Demography 
Datestamp
2019-02-18 05:05:21 
Abstract :
Artauli Vivi M.S Sitohang. NIM.7133341080 “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK Negeri Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Fakultas Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Universitas Negeri Medan 2018. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 13 Medan, jalan Seruwai, Sei Mati, Medan Labuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 13 Medan yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah seluruhnya 66 siswa. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Dimana kelas X AK sebagai kelas eksperimen yang ditetapkan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas X PM sebagai kelas kontrol ditetapkan model pembelajaran konvensioanl dengan demikian terdapat 32 orang kelas eksperimen dan 34 orang kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran Kewirausahaan Tentang Visi dan Misi Usaha dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dari hasil belajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning post test 78,75 dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajran konvensional post test 51,87. Dari perhitungan dengan menggunakan uji hipotesis hasil belajar siswa melalui post test pada kelas eksperimen dan hasil belajar siswa melalui post test pada kelas kontrol dapat diketahui thitung = 11,186 dan ttabel 2,0012 dengan tarif signifikan 95% dan alpha 5 % . 
Institution Info

Universitas Negeri Medan