DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK N 1 PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week2
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Dian Tini (STUDENT ID : 7132142004)
Ali Fikri Hasibuan (LECTURER ID : 198409152009121004)
Subject
HB Economic Theory. Demography 
Datestamp
2019-02-18 05:04:53 
Abstract :
Diantini Lumban Tobing NIM: 7132142004. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK N 1 Patumbak T.P 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2018. Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuikreativitas dan hasil belajar akuntansi melalui penerapan model pembelajaran Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK N 1 Patumbak T.P 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Patumbak. Subjek penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X Ak 1 SMKN 1 Patumbak T.P 2017/2018 yang berjumlah 35 orang siswa. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kreativitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Persentase Perolehan Hasil (PPH) secara individual maupun kelas untuk melihat peningkatan kreativitas belajar siswa dan Ketuntasan Belajarsecara individual maupun Klasikal untuk melihat hasil belajar siswa. Dari hasilanalisis data kreativitasbelajarsiswamengalamipeningkatan 20% ,yaitu 62,85% (“cukupkreatif”) di Siklus I dan 82,85% (“kreatif”) di Siklus II denganbegituhipotesis I dapatditerima. Perolehanhasilbelajarsiswayaitu Pretest hanya 28,57% siswa yang tuntas (10 siswa) dengannilai rata-rata 51,74, padaSiklus I meningkat 34,28% menjadi 71,43% siswa yang tuntas (22 siswa) dengannilai rata-rata 74,88, padaSiklus II meningkat 25,72% menjadi 88,57% siswa yang tuntas (31 siswa) dantelahmemenuhiketuntasansecaraklasikal 85% denganbegituhipotesis II dapatditerima. Dapat disimpulkan kreativitas dan hasil belajar akuntansi mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Penerapan ModelPembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK N 1 Patumbak T.P 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan