DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6 PADA PEMBELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI JURUSAN TIPTL SMK IMELDA MEDAN
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
SYAH RIZAL B (STUDENT ID : 5103331035)
BAHARUDDIN (LECTURER ID : 196612311992031020)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2019-02-18 03:58:48 
Abstract :
Permasalahan yang menjadi bagian dasar dalam melakukan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan beberapa factor : (1)Kurangnya sarana pendukung media kepada siswa dalam penyampaian pembelajaran. (2) Siswa merasa bosan dalam menanggapi pelajaran yang disampaikan dengan metode ceramah. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Imelda Medan, Jalan Bilal No 52 Pulo Brayan I Kecematan Medan Timur pada bulan Juni 2017. Variabel penelitian ini adalah Pengembangan Media Pembelajaran Instalasi Motor Listrik. Sedangkan sample penelitian ini adalah 29 orang siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Imelda Medan. Secara umum, penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Reasearch and Development (R&D) dengan desain media menggunakan ADDIE(analysis, Development, Desain, Implementation, Evaluation). Pengertian penelitian dan pengembangan tertuju pada proses, penelitian tidak menghasilkan objek, sedangkan pengembangan menghasilkan objek yang dapat dilihat dan diraba. Hasil penelitian ini didapat dari beberapa tim ahli pakar juga user dengan menggunakan angket sebagai acuan kelayakan media yang didesain kepada siswa dalam pengujian skala besar. Hasil menunjukkan dari tim ahli media dengan rata-rata 3,8 dengan kategori interpretasi baik dan layak sebagai media pembelajaran. Validasi ahli materi dengan rata-rata 4,5 dengan kategori interpretasi sangat baik dan layak digunakan sebagai materi dalam media pembelajaran. Validasari user dengan ratarata 4,2 dengan kategori interpretasi sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran 
Institution Info

Universitas Negeri Medan