DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN PENGELASAN SISWA KELAS XL PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 PAKPAK BHARAT
Total View This Week8
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Benget Sinamo (STUDENT ID : 5131121001)
Saut Purba (LECTURER ID : 196108061987031002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2019-02-18 04:16:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar pelajaran pengelasan dan sekaligus untuk mengetahui tingkat kecenderungan motivasi belajar, kecerdasan emosional, dan hasil belajar pelajaran pengelasan.Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 57 orang siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.Jumlah sampel ditentukan dengan berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan, yaitu sebanyak 50 orang.Teknik pengambilan sampel yaitu dengan proporsional random sampling. Data variabel motivasi belajar dan kecerdasan emosional dijaring dengan menggunakan angket sedangkan hasil belajar pelajaran pengelasan diambil melalui nilai dokumentasi. Hasil uji coba angket motivasi belajar dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 25 butir angket dengan reliabilitas 0,907 yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Begitu juga dengan kecerdasan emosional dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 25 butir angket dengan reliabilitas 0,912 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi juga. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel motivasi belajar dengan hasil belajar pelajaran pengelasan ry1,2 sebesar 0,288, dimana harga ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,1680. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar pelajaran pengelasan ry2,1 sebesar 0,283, dimana harga ttabelpada taraf signifikansi 5% sebesar 0,1680.Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier yang berarti antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar pelajaran pengelasan dengan koefisien korelasi r sebesar 0,441 sementara itu diperoleh koefisien korelasi determinasi r2 sebesar 0,194 yang berarti 19,4% bahwa hasil belajar pelajaran pengelasan dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kecerdasan emosional 
Institution Info

Universitas Negeri Medan