DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Hendra Waldi Sihaloho (STUDENT ID : 8126176011)
Sahyar (LECTURER ID : 0026046004)
Mariati Purnama Simanjuntak (LECTURER ID : 0019117104)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-18 03:48:57 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Apakah terdapat peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran inquiry training dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal dan insrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada pembelajaran konvensional dengan peningkatan pada kategori tinggi. Ada pengaruh model pembelajaran inquiry training dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada pembelajaran konvensional dengan peningkatan pada kategori tinggi. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan