Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
DAVID ROY FARTA SIMANJUNTAK (STUDENT ID : 5111131002)
H. Sriadhi (LECTURER ID : 0022046310)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2020-03-23 06:55:42
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validasi atau kelayakan media pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Dasar-Dasar Pengukuran Listrik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK N 1 Percut Sei Tuan. Prosedur perancangan media pembelajaran berbasis multimedia Interaktif pada pembelajaran Dasar-Dasar Pengukuran Listrik yang dikemas dalam bentuk CD dilakukan dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE. (Analysis,Design,Development,Implementation,dan Evaluation). Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimediaolehahli media pertama menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,3 denganInterpretasi ?SangatBaik? dan?SangatLayak?danbegitujugaolehahli media keduamenunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,45 dengan Interpretasi ?SangatBaik? dan?SangatLayak?. Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materiDosen menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,22 dengan Interpretasi ?SangatBaik? dan ?SangatLayak?. Dan pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi Guru Bidang Studi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,33 dengan Interpretasi ?SangatBaik? dan ?SangatLayak?
Pengujian kepada siswa dimana hasil pengujian memiliki rata-rata penilaian sebesar 4,21 yang berarti memiliki Interpretasi ?SangatBaik? dan SangatLayak?. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis multimedia yang dirancang sangat baikdansangat efektif untuk dijadikan media pembelajaran materi Model Atom dan Bahan Semikonduktor